13.53
0
Perdebatan antar pemakai sistem operasi atau OS seakan-akan tidak ada habisnya. masing-masing saling mempertahankan opini dan kefanatikannya akan OS yang dipakai.

untuk membandingkan beberapa OS diatas harus di lihat dari sisi legalitasnya. karena sangat tidak adil jika misal anda memiliki windows bajakan anda bandingkan denga linux. mengapa? karena sama saja anda membandingkan antara OS illegal dengan OS legal atau OS bajakan dengan OS gratis.

nah katakanlah yang dibicarakan disini adalah windows atau Mac original dengan Linux.

mengapa windows atau Macintosh begitu mudah penggunaannya sedangkan Linux tidak? begitulah kira-kira pertanyaan seorang newbie sampai detik ini. wajar jika windows dibuat mudah karena memang tidak gratis alias bayar, dan biaya yang dikeluarkan juga tidak murah. bahkan bagi para pengguna Macintosh, OS ini malah lebih mudah lagi penggunaannya di bandingkan windows karena memang diperlukan untuk merogoh kocek lebih dalam lagi untuk dapat memilikinya.

karena mudah akhirnya banyak yang ingin mempelajari windows sehingga menguasai sebagian besar pangsa pasar
sehingga vendor-vendor hardware maupun developer software / game belomba-lomba menciptakan inovasinya dan mendukung windows. dan apa yang terjadi? hardware, software & game-game terbaru selalu bisa anda nikmati.

Jika seorang newbie bertanya mengapa linux tidak bisa detect hardware ini atau itu, mengapa game ini atau itu tidak bisa dimainkan di linux, mengapa aplikasi ini atau itu tidak bisa dijalankan di linux?

jawabannya bukan karena linux tidak bisa karena developer game, developer hardware (modem, printer, VGA dll) & developer software favorit anda mungkin belum mau membuat hardware/softwarenya berjalan di linux. apa alasannya? DUIT, ya duit. mengapa? karena lebih menguntungkan develop di windows / mac karena laku utk dijual. sedangkan di linux karena orientasinya serba gratisan maka kurang diminati oleh developer hardware / software

kalau menurut saya semua OS memiliki ciri khas tersendiri, ibaratnya beda daerah beda pula adat istiadatnya. nah masalahnya. banyak pengguna windows yg mencoba beralih ke linux tapi tidak mau beradaptasi dan bahkan menyamakan adat istiadat di windows dengan linux, maka apa akibatnya? pengguna windows merasa kebingungan dan memvonis bahwa sistem baru yang mereka pakai ini sulit.

nah intinya adalah cobalah untuk beradaptasi, ingat linux adalah gratis, jadi jangan membandingkan kemudahannya dengan OS yang berbayar. karena memang anda tidak dituntut utk mengeluarkan biaya yg begitu besar.

bayangkan jika anda memiliki 10PC dan dituntut untuk memakai windows / Mac original berapa biaya yang anda keluarkan? wajar jika anda menginginkan OS yg berbayar semudah mungkin penggunaannya.

bagaimana pula jika anda memiliki 10PC dan dituntut untuk memakai OS linux? berapa biaya yang anda keluarkan? sudah barang tentu jauh lebih murah dari pada windows / Mac kan?

tetapi jangan salah, saat ini adalah era linux menuju kemudahan. dibandingkan dengan linux era 90'an, linux saat ini jauh lebih user firendly meski menurut newbie masih sedikit lebih sulit.

0 komentar:

Posting Komentar