21.08
0
Urutan dari awalnya adalah:
Pre-Alpha / Development Release / NightlyAlphaBetaRelease Candidate / RC / Gamma / DeltaGold / General Availability
Pre-Alpha terutama dibuat untuk menguji/testing software yang sedang dibuat, mungkin ada fungsi baru yang mau diujikan. Namun fitur dari software itu sendiri tidak lengkap. Biasa digunakan oleh developer software itu sendiri.
Alpha adalah versi percobaan, untuk software tester kalangan terbatas. Fiturnya sudah cukup lengkap sesuai spesifikasi namun masih banyak 'nyangkut', sehingga harus dicari dulu oleh orang diluar programmer nya, namun masih didalam tim internal.
Beta adalah versi percobaan, yang dianggap cukup lengkap dan stabil, dan lolos dari percobaan Alpha. Disini yang menguji adalah pengguna di masyarakat luas, untuk melihat kemampuan software tersebut di berbagai perangkat yang ada, dengan kebutuhan dunia yang sebenarnya. Singkatnya, ini adalah versi 'testing untuk umum'.
RC adalah versi yang sudah lewat Beta testing, dan tidak ada error yang ditemukan, siap untuk diluncurkan ke Publik, namun masih memberikan tenggang waktu 'kalau-kalau' ditemukan error mengganggu.
Gold adalah versi yang dianggap selesai, yang diluncurkan ke Masyarakat. Bisa disebut juga versi RTM (Release to Manufacturing) yang dikirim ke pabrik pencetak CD untuk pembuatan software siap jual.


Trial, Trialware, Shareware, Demo, Demoware, dlsb adalah versi 'sample' untuk umum, supaya pengguna bisa mencoba menggunakan dan mengenali kemampuan software tersebut, sebelum membelinya.Versi Trial ini bisa terbatas fungsinya, diberi 'gangguan' seperti pengumuman bahwa versi yang dipakai adalah Trial, atau juga bisa dibatasi lama pemakaiannya.Apabila berniat membeli, biasanya pengguna bisa memasukkan kode Registrasi (bisa berupa Serial Number, atau angka lainnya) ke software tersebut, dan mengubah software itu menjadi versi Full/Registered yang tanpa pembatasa dan tanpa 'gangguan'.Bisa juga, dengan membeli tadi pengguna akan diberikan paket software baru yang berbeda dengan software Trial tadi karena memang software yang dibuatnya berbeda.
Freeware adalah software yang diberikan gratis untuk semua orang supaya dapat digunakan tanpa batasan. Namun disini gratis bukan untuk dijual kembali, karena hak-hak dari pembuat software program itu masih dilindungi hukum.

Retail adalah Software yang dijual di toko dalam bentuk Produk yang sudah didalam Box, yang berarti isinya sudah versi 'cetak' dari versi RTM/Gold, dan juga merupakan versi Full (bukan Trial).

0 komentar:

Posting Komentar